9/04/2014

Cara menolak tawaran pekerjaan karena ada posisi yang lebih baik

Ketika Anda melamar beberapa pekerjaan pada saat yang sama, Anda pasti akan menerima tawaran pekerjaan yang Anda harus tolak. Anda mungkin menerima beberapa tawaran pekerjaan yang perlu ditangani dengan tepat atau mungkin hati Anda berubah tentang posisi terbuka yang diterima. Anda harus menolak tawaran pekerjaan dengan sopan untuk menjaga pintu lainnya terbuka untuk Anda.

  1. Hubungi perusahaan penyedia lowongan tersebut segera dan beritahu keputusan Anda untuk menolak tawaran pekerjaan tersebut. Perisahaan sering menyimpan daftar pilihan cadangan untuk setiap posisi. Hal ini sopan untuk memberikan respons yang cepat, sehingga perusahaan dapat menghubungi pilihan berikutnya.
  2. Kirim surat yang menjelaskan mengapa Anda menolak tawaran pekerjaan setelah menelepon perursahaan tersebut. Surat seharusnya hanya halaman yang panjang, tetapi perlu segera dikirim untuk membantu tim bagian sumber daya manusia mengevaluasi kembali proses perekrutan tersebut. Jaga bahasa positif dalam surat yang akan menjadi bagian dari catatan Anda dengan perusahaan.
  3. Mulailah semua korespondensi dan panggilan telepon untuk dipertimbangkan oleh perusaahannya. Gunakan ucapan terima kasih terhadap tawaran majikan dengan kataa penolakan yang halus.
  4. Jelaskan alasan umum mengapa Anda telah menolak posisi dan dipilih untuk pekerjaan lain. Berikan alasan tenatng gaji atau rincian tunjangan atau tentang istilah keuangan yang dianggap pantas oleh sebagian besar perusahaan. Anda harus fokus pada profesional Anda dan peluang dengan posisi lain dalam surat Anda.

    Baca juga: Tips wawancara kerja
  5. Berikan informasi jabatan dan perusahaan yang telah Anda pilih ketika Anda menolak tawaran pekerjaan. Anda dapat menyimpan hubungan baik dengan perusahaan-perusahaan dalam industri Anda dengan membantu mereka menilai mana pelamar pekerjaan akhirnya yang menerima.
  6. Periksa semua korespondensi untuk kesalahan ketik dan tata bahasa sebelum pengiriman. Ketika Anda menolak suatu jabatan dengan sebuah perusahaan,  aplikasi Anda akan terus disimpan untuk dapat diajukan di masa depan. Penulisan yang buruk dapat menyebabkan surat penolakan di masa depan.
  7. Hubungi orang yang tepat ketika Anda memilih untuk menolak tawaran pekerjaan. Perusahaan yang lebih besar memiliki puluhan sumber daya profesional yang mungkin tidak akrab dengan aplikasi Anda. Berikan email, surat dan kartu bisnis selama proses wawancara untuk membantu Anda berhubungan dengan para profesional.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar