5/05/2014

Prinsip Kerja Telepon

yang sangat penting. Dengan pesawat telepon, orang tidak perlu menempuh jarak ratusan dan bahkan ribuan kilometer untuk sekedar berkomunikasi.

Telepon mempunyai dua bagian penting, yaitu bagian pengirim (pemancar) dan bagian penerima. Prinsip kerja telepon adalah mengubah gelombang suara yang merupakan gelombang mekanik menjadi getaran-getaran listrik dalam rangkaian listrik. Prosesnya adalah ketika kamu berbicara maka gelombang suararnu dapat menggetarkan selaput aluminium. Akibatnya. serbuk-serbuk karbon menjadi tertekan pula. Tekanan pada karbon menyebabkan hambatan serbuk menjadi kecil sehingga sinyal listrik dapat mengalir melalui rangkaian. Proses tersebut terjadi di dalam pesawat pengirim.

Sinyal listrik yang dihasilkan oleh pesawat pengirim (mikrofon) diterima oleh pesawat penerima (telepon). Sinyal tadi diubah menjadi tekanan-tekanan suara. Proses pengubahan itu berlangsung sebagai berikut. Akibat sinyal listrik yang diterima oleh elektromagnet, selaput besi yang ada di dalam pesawat penerima akan tertarik atau terdorong. Tertarik atau terdorongnya selaput besi akan membuatnya bergetar dan menghasilkan tekanan-tekanan suara yang sama dengan tekanan suara yang dikirim oleh mikrofon. Oleh karena itu, kamu dapat mendengar semua informasi yang dikirim secara jelas dan tepat.

Telepon genggam tidak lagi menggunakan elektromagnet atau bubuk karbon. Telepon jenis ini menggunakan bahan piezoelektrik. Jika dikenai tekanan, misalnya tekanan suara, bahan ini menghasilkan arus listrik. Sifat ini dapat menggantikan peranan selaput dan bubuk karbon pada bagian pengirim. Jika dikenai arus listrik yang besarnya berubah-ubah, bahan ini akan bergetar mengikuti perubahan kuat arus. Sifat ini dapat menggantikan peranan elektromagnet dan selaput pada bagian penerima. Arus listrik yang dihasilkan ataupun yang digunakan untuk menggetarkan bahan piezoelektrik cukup kecil sehingga telepon genggam hemat listrik.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar