4/27/2014

Pengertian Perusahaan Dan Bisnis

, di sisi lain, diartikan sebagai seluruh kegiatan yang diorganisasikan oleh orang-orang yang berkecimpung di dalam bidang perniagaan (produsen, pedagang, konsumen, dan industri di mana perusahaan berada), dalam rangka memperbaiki standar serta kualitas hidup mereka.

Berdasarkan kedua istilah di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian bisnis lebih luas daripada perusahaan, karena perusahaan merupakan bagian dari bisnis. Dalam situasi perekonomian yang kompleks seperti sekarang ini, sebelum memasarkan suatu produk, orang harus mau menghadapi tantangan dan risiko dengan mengkombinasikan tenaga kerja, material, modal, dan manajemen secara cermat. Orang seperti itu sering disebut sebagai pengusaha. Lain lagi dengan yang disebut produsen. Produsen harus mampu membuat produk secara efisien dalam jumlah maupun variasi yang dibutuhkan. Seorang pengusaha angkutan hams mampu melayani pemindahan barang secara tepat waktu dari satu tempat ke tempat lain di mana barang tersebut dibutuhkan. Seorang pemilik toko pengecer harus mampu menyediakan berbagai macam barang konsumsi dengan harga yang layak bagi konsumen. Itulah beberapa contoh berbagai kegiatan bisnis yang ada di masyarakat.

Namun, motivasi utama kegiatan bisnis sebenarnya adalah laba. Laba didefinisikan sebagai perbedaan antara penghasilan dan biaya-biaya yang dikeluarkan. Sehingga, dalam bisnis, para pengusaha harus dapat melayani para pelanggan dengan cara yang menguntungkan agar kelangsungan hidup perusahaan terjamin dalam jangka panjang. Selain itu, mereka juga harus selalu peka terhadap kesempatan atau peluang baru dalam memuaskan keinginan pembeli.

Pustaka
Strategic Management in Action Oleh Husein Umar

Tidak ada komentar :

Posting Komentar