kita tergantung pada konsumen, kita harus menyadari kenyataan bahwa konsumen tidak peduli dan tidak mau tahu tentang masalah sehari-hari di dalam perusahaan kita. Yang mereka pikirkan adalah apa yang mereka butuhkan harus terpenuhi.
Konsumen juga tidak mau tahu apakah kita bekerja keras atau tidak, mereka hanya ingin masalah mereka terpecahkan. Dengan kata lain, mereka sangat egois. Jika konsumen egois, mengapa kita harus memperlakukan mereka sebaik-baiknya? Sederhana, karena:
- Penghasilan kita sedikit banyak tergantung pada konsumen.
- Mereka tidak tergantung pada kita, tetapi sebaliknya.
- Konsumen adalah orang paling penting yang datang ke kantor kita, maupun melalui surat.
- Konsumen bukanlah orang yang mengganggu kerja kita tetapi merupakan tujuan kita bekerja. Bukan untuk menolong konsumen tetapi melayani mereka, dan mereka menolong kita dengan memberikan kesempatan.
- Konsumen bukan orang yang tidak ada sangkut pautnya dengan bisnis kita, mereka adalah bagian dari perusahaan kita.
- Konsumen bukanlah orang yang tepat untuk diajak berdebat karena tidak seorang pun yang akan menang bila berdebat dengan mereka.
- Konsumen adalah orang yang memberitahukan ke-pada kita tentang keinginannya, dan adalah tugas kita untuk menangani kehendaknya dengan jalan menguntungkan kedua belah pihak.
- Konsumen adalah orang yang menciptakan pandangan tentang perusahaan kita, tentang baik atau buruk pelayanan kita.
- Konsumen adalah penyampai berita terbaik apabila mereka puas dengan apa yang kita berikan.
Pustaka
Panduan Layanan Konsumen Oleh Wira Suteja
Tidak ada komentar :
Posting Komentar