9/02/2014

Cara menentukan pramenopause atau perimenopause

Ketika Anda mulai mengamati munculnya tanda-tanda menopause, entah dengan memperkirakannya sendiri atau melalui dokter yang memperkirakan menurut petunjuk dari Anda yang melaporkan "gejala-gejala aneh". Ada dua tes sederhana yang dapat dengan akurat menentukan yang sedang terjadi dan tahap menopause yang sedang Anda alami. Pertama, saat ovarium mulai tidak berfungsi, kadar FSH (Follicle Stimulating Hormone/hormon perangsang folikel) Anda akan naik drastis. Kadar ini dapat dicek cukup melalui tes darah.
Selain itu, dinding vagina akan menipis dan kandungan estrogen dalam selaput dinding sel vagina Anda akan berkurang. Dokter akan melakukan tindakan semacam Pap- smear pada dinding vagina Anda yang sederhana dan tidak sakit. Dari situ, dokter bisa menganalisanya untuk mengecek ada tidaknya "atrofi" (radang), penipisan dan pengeringan pada vagina.

Anda perlu mencermati menstruasi Anda dan mencatatnya ketika mulai datang tidak teratur. Pola menstruasi Anda akan menjadi petunjuk tambahan bagi dokter untuk memutuskan apakah Anda berada dalam tahap pra atau perimenopause.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar