5/16/2014

Sifat-sifat utama bahan bangunan kayu

Kayu merupakan sumber kekayaan alam yang tidak akan habis-habisnya jika dikelola/diusahakan dengan baik. Artinya, bila pohon-pohon ditebang (di hutan) untuk diambil kayunya, harus segera ditanam kembali pohon-pohon pengganti, supaya sumber kayu tidak habis. Kayu dikatakan juga sebagai renewable resources (sumber kekayaan alam yang dapat diperbarui/diadakan lagi). Berbeda misalnya dengan minyak bumi atau bahan tambang lain yang setelah beberapa puluh atau beberapa ratus tahun sumbernya akan habis.

Kayu merupakan bahan mentah yang mudah diproses untuk dijadikan barang lain. Dengan kemajuan teknologi, kayu sebagai bahan mentah dapat dengan mudah diproses menjadi barang-barang seperti kertas, tekstil, dan sebagainya.

Kayu mempunyai sifat-sifat spesifik yang tidak bisa ditiru oleh bahan lain buatan manusia. Misalnya, kayu mempunyai sifat elastis, ulet, tahan terhadap pembebanan yang tegak lurus dengan seratnya atau sejajar seratnya, dan berbagai sifat lain lagi. Sifat-sifat seperti ini tidak dimiliki baja, beton, atau bahan-bahan lain yang bisa dibuat oleh manusia.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar