5/16/2014

Bagian-bagian kayu

Pada sebatang pohon yang dipotong melintang akan diperoleh secara kasar gambaran dari bagian-bagian kayu, sebagai berikut:



Bagian-bagian kayu dapat didefinisikan sebagai berikut:

Kulit luar merupakan lapisan luar yang sudah mati. Fungsinya sebagai pelindung kayu terhadap serangan dari luar, misalnya: iklim, serangan serangga, jamur, dan sebagainya.

Kulit dalam bersifat hidup dan tipis. Fungsinya sebagai jalan zat yang mengandung gizi dari akar ke daun.

Kambium merupakan jaringan tipis dan bening yang terletak antara kulit dalam dan kayu gubal ke arah melingkar dari pohon. Fungsinya ke arah luar membentuk kulit baru yang rusak, ke arah dalam membentuk kayu gubal baru.

Kayu gubal merupakan bagian kayu muda, terdiri dari sel-sel yang masih hidup dan yang terletak di sebelah dalam kambium. Fungsinya sebagai penyalur cairan dan tempat penimbunan zat-zat yang mengandung gizi. Kayu gubal adalah bagian kayu yang tumbuh cepat dan mempunyai lapisan yang agak tebal. Warnanya biasanya lebih terang dibandingkan kayu teras.

Kayu teras merupakan bagian kayu tua, terdiri dari sel-sel yang dibentuk melalui perubahan sel hidup pada renggat kayu yang paling dalam. Hal ini disebabkan tidak berfungsinya kayu gubal sebagai penyalur cairan dalam proses kehidupan. Kayu teras lebih awet karena sel-selnya sudah tua sehingga dinding sel tebal dan kuat. Sel-sel sudah berisi zat ekstraksi yang dapat menambah keawetan kayu.

Hati merupakan bagian kayu yang terletak di pusat. Hati berasal dari kayu awal, yang dibentuk oleh kambium dan bersifat rapuh serta lunak.

Renggat (lingkaran tahun) menunjukkan perkembangan kayu dari musim kemarau ke musim hujan dan sebaliknya. Renggat dapat digunakan untuk mengetahui umur sebatang pohon.

Jari-jari terdapat dari luar ke dalam, berpusat pada sumbu batang. Fungsinya menyampaikan zat bergizi dari kulit dalam ke bagian-bagian dalam dari pohon. Jari-jari teras tidak sama pada setiap pohon.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar