5/16/2014

Pengertian Medan Elektromagnetik

adalah suatu medan atau ruangan yang dapat menimbulkan gaya pada partikel yang di dalam medan tersebut. Medan listrik dapat timbul karena adanya partikel yang bermuatan listrik, sehingga medan listrik mempunyai arah sesuai dengan jenis muatan listrik penyebabnya, positif atau negatif. Medan listrik dari sumber tegangan bolak-balik akan mempunyai arah bolak-balik juga

Suatu medan listrik, garis medannya mempunyai awal dan akhir, yaitu berawal dari kawat penghantar yang bertegangan sebagai sumbernya dan berakhir pada struktur konduktif, misalnya tanah atau permukaan benda-benda yang berada di atas tanah seperti bangunan, pepohonan dan merupakan titik akhir garis medan listrik tersebut. Besaran medan dinyatakan dalam kuat medan listrik E dengan satuan kV/m. Kuat medan listrik tertinggi terdapat pada permukaan kawat penghantar, sedangkan yang terendah pada permukaan tanah atau benda-benda yang berada di atas permukaan tanah.

Medan magnet adalah suatu medan atau ruangan yang dapat menimbulkan gaya pada benda-benda magnet atau partikel bermuatan listrik. Medan magnet merupakan medan tertutup yang artinya adalah garis medannya selalu merupakan lingkaran tertutup. Kawat penghantar yang dialiri anus listrik, garis medan magnetnya merupakan lingkaran-lingkaran tertutup yang berpusat pada penghantar tersebut. Besaran medan magnet dinyatakan sebagai kuat medan magnet H atau sebagai rapat fluksi magnetik B dengan satuan Tesla (T) atau Gauss (G). Medan magnet terbesar berada di dekat kawat penghantar dan semakin kecil jika jarak semakin jauh dari kawat penghantar. Medan magnet akan menembus dan tidak dapat dihalangi oleh benda-benda yang tidak permeabel seperti tubuh manusia, bangunan, tanah dan pepohonan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar