5/12/2014

Batu Ginjal (Gejala dan Komplikasi)

) atau asam fofat, kemudian mengendap sebagai garam kasium oksalat dan kalsium fosfat yang berbentuk kristal.

Biasanya terjadi pada mereka yang mengalami gangguan metabolik (metabolic disorder), tidak banyak bergerak atau istirahat di tempat tidur dalam waktu yang lama. Batu lain terbentuk dari magnesium dengan amonia (sampah metabolisme tubuh) setelah terjadinya infeksi pada sistem kemih (urinary system). Batu asam urat (uric acid stone) dapat terbentuk bila keasaman (pH) urin terlalu rendah (asam). Batu lain yang jarang ditemukan adalah batu sistin (cystine stone) akibat pengendapan asam amino sistin yang berlebihan (cystinuria), yang tidak bisa dilarutkan lagi oleh urin agar bisa dibuang. Ini bisa terjadi bila ada kerusakan pada otot, saraf, dan bagian tubuh lain akibat penyakit.

Gangguan Fungsi Ginjal

Ukuran dan bentuk batu ginjal tersebut bermacam-macam, mulai dari yang sangat kecil (dapat lewat bersama urin tanpa diketahui) sampai yang berukuran 5 cm dan keras. Rasa sakit terjadi ketika batu tersebut bergerak ke luar dari ginjal, dan bentuknya yang tajam dapat mengakibatkan luka pada dinding penyaring ginjal atau saluran kemih.

GEJALA

- Tidak ada gejala selama batu tersebut diam di tempatnya.

- Rasa nyeri yang hebat pada pinggang di atas ginjal, yang dapat menyebar ke perut bagian bawah. Nyeri berlangsung

sekitar 1 menit, reda sebentar, kemudian terasa lagi selama beberapa menit.

- Sering buang air kecil, atau dorongan ingin buang air kecil.

- Nyeri ketika buang air kecil.

- Darah di dalam urin (hematuria).

- Demam dan bengkak pada pinggang menandakan batu ginjal yang disertai dengan infeksi, atau terjadi sumbatan yang membengkak.

- Muntah.



KOMPLIKASI


Tergantung pada lokasi, besar, bentuk, dan komposisi batu ginjal itu sendiri, ada batu ginjal yang bisa keluar dengan sendirinya bersama urin, tetapi ada pula yang tidak sehingga perlu perawatan khusus. Batu ginjal dengan ukuran kecil, licin, dan bulat mungkin bisa keluar terbawa urin, sedangkan yang berukuran cukup besar dan bentuknya runcing akan menyumbat di ginjal atau saluran kemih. Kalau tidak segera diobati, sumbatan dan infeksi ginjal dapat menyebabkan gagal ginjal.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar