4/25/2014

Orientasi Supervisor Terhadap Perusahaan

Terhadap perusahaan, supervisor merasa tertantang untuk:

1. Memaksimalkan laba dan penjualan
2. Meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja
3. Meningkatkan akuntabilitas semua tindakannya
4. Menciptakan pengawasan efektif atas semua faktor produksi

Laba dan tingkat penjualan seperti yang diinginkan manajemen dapat diusahakan supervisor yang terkait langsung dengan penjualan, seperti supervisor yang bekerja di lini pelayanan langsung kepada pelanggan, seperti di Bar, Restoran, Front Office, dan Marketing.

Supervisor bagian produksi dapat mendukung dengan menaikkan kualitas produksi sehingga pelanggan terpuaskan. Peningkatan kualitas produksi juga dapat dilakukan dengan memperketat pengawasan prosedur kerja, standar kerja, kualitas bahan baku, dan peralatan yang dipakai dalam proses produksi. Produktivitas kerja dapat ditingkatkan dengan lebih memperhatikan kondisi fisik dan mental pekerja, serta kepuasan kerja di kalangan para pekerja.

Faktor yang dapat memotivasi gairah kerja dan etos kerja dapat diperbaiki supervisor dengan dukungan jajaran manajemen. Semua kebijakan dan tindakan supervisor dapat diukur dan dinilai akuntabilitasnya melalui faktor produksi yang selalu dimonitor dan dihitung penggunaannya. Dengan begitu seorang supervisor harus berusaha agar kebijakannya selalu kredibel dan akuntabel. Supervisor harus mengefektifkan pengawasannya agar semua faktor produksi dan tenaga kerja yang ada di seksinya dapat digunakan sebaik-baiknya.

Pustaka
Hotel Supervision : Teknik Supervisi dan Uji Kompetensi untuk Pendidikan Pariwisata Bartono PH, SE & Ruffino EM, SE

Tidak ada komentar :

Posting Komentar