8/29/2013

Definisi public relations keuangan

Sama seperti industri public relations lainnya, public relations keuangan juga tidak mampu mendefinisikan tugas mereka. Beberapa orang mendefinisikan bahwa public relations keuangan adalah segala sesuatu tentang uang — namun definisi tersebut hanya dapat diterapkan untuk segala aktivitas public relations yang lain. Karena sejumlah uang dan sumber daya perusahaan yang relatif besar telah dianggarkan untuk komunikasi keuangan, paling tidak kita harus mampu mendefinisikan hasil apa yang dapat diharapkan atas apa yang telah diinvestasikan.

Bab ini membahas public relations keuangan di Inggris, terutama dari sudut pandang perusahaan menengah sampai perusahaan besar. Namun karena penekanannya pada bagaimana keterampilan komunikasi dasar dan pemahaman pesan yang baik dapat diterapkan dalam komunikasi keuangan, maka hal ini juga dapat diterapkan pada perusahaan lain, baik besar maupun kecil.

Lingkungan komersial dan lingkungan sosial sudah banyak berubah. Akibatnya, fokus sempit pada pemegang saham — dulu pemegang saham merupakan tujuan dart sebagian besar komunikasi keuangan — bukan lagi menjadi pilihan sebagian besar perusahaan. Semakin pentingnya 'stakeholder' demi keberhasilan bisnis jangka panjang melahirkan pendekatan public relations dan aktivitas public affairs yang semakin canggih dan semakin berimbang.

Akan tetapi, keberhasilan pemegang saham dan keberhasilan keuangan sebuah perusahaan tetap saja terletak pada perencanaan public relations. Mempertahankan dukungan 'stakeholder' merupakan tujuan utama untuk memperoleh keuntungan finansial yang diinginkan pemilik perusahaan.

Pemegang saham, karyawan, dan pelanggan lebih mendukung sebuah perusahaan dengan reputasi baik dalam hal integritas dan kejujuran dibandingkan terhadap perusahaan yang hanya memiliki reputasi baik dalam hal keuntungan finansial saja. Kejelasan dan keterbukaan dalam komunikasi, sebuah strategi yang jelas, dan kepemimpinan yang baik juga menambah reputasi sebuah perusahaan. Yang menjadi perhatian utama tetap saja pemegang saham dan para penasihat mereka. Keterampilan semua orang public relations keuangan terfokus pada bagaimana agar perusahaan yang dimiliki publik dan telah "terdaftar" di bursa saham ini dapat berkomunikasi secara positif dan konsisten dengan pemiliknya. Sebagian besar usaha yang dilakukan dalam public relations keuangan berkisar pada laporan tengah tahunan perusahaan yang langsung ataupun tidak harus melalui media.

Bagi berjuta-juta perusahaan, besar ataupun kecil, di seluruh dunia, kebutuhan untuk memperoleh pemahaman yang benar akan angka-angka laporan tengah tahunan maupun laporan akhir tahun merupakan bagian terpenting dari strategi public relations keuangan. Saat ini, semakin banyak pengumuman penting yang dilakukan di luar kedua laporan di atas, seperti laporan hasil catur wulan, perbaikan berkala faktor-faktor kunci seperti tingkat produksi pada perusahaan perminyakan, jumlah penumpang pada perusahaan penerbangan, jumlah penjualan musim panas dan natal bagi perusahaan pengecer, atau pengesahan ijin baru bagi perusahaan farmasi. Bagi organisasi besar, untuk mengatur pengumuman dan antisipasi pasar diperlukan aktivitas langsung dari komunikasi keuangan.

Pustaka
Public Relations Dlm Praktek By Anne Gregory

Tidak ada komentar :

Posting Komentar