12/28/2013

Cara Membeli Valas

Jika Anda membutuhkan valas untuk suatu keperluan, Anda bisa membelinya di bank atau tempat penukaran uang (money changer). Anda harus memilih tempat penukaran uang yang resmi supaya terhindar dari kemungkinan menerima uang palsu. Di ruangan penukaran uang biasanya terdapat papan penunjuk nilai tukar beberapa negara seperti dolar AS (US$), dolar Australia (AUD), dolar Singapura (SIN), Yen Jepang (JPN), Euro (EUR), Poundsterling (GBP), dan lain-lain.

Selanjutnya tiap mata uang memiliki dua kolom. Satu kolom beli (buy), yaitu harga jika mereka membeli dan satu kolom jual (sell), yaitu harga mereka menjual. Perbedaan angka pada dua kolom ini merupakan selisih kurs yang menjadi keuntungan mereka. Selisihnya tipis, berkisar Rp50 - 100. Selisih ini kadang berbeda-beda di tiap money changer dan kadang Anda bisa menawarnya. Untuk itu ada baiknya membandingkan kurs beberapa money changer atau bank terlebih dulu. Kurs juga sering dipengaruhi besarnya pecahan atau denominasi uang. Biasanya semakin kecil pecahan, semakin lebih murah harganya dibandingkan pecahan besar.

Ketika Anda akan membeli valas, Anda diminta mengisi formulir yang isinya mata uang, jumlah uang yang dibeli, dan kursnya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar