Setelah kita mendapatkan ide-ide yang sedang ramai dibicarakan di Internet dan sekiranya layak jual maka langkah selanjutnya kita harus melakukan analisis terhadap ide tersebut. Analisis yang dimaksud bertujuan untuk melihat tiga hal sebagai berikut:
1. Jumlah pasar.
Sebuah topik atau ide bisa memiliki trends yang terus meningkat namun jika jumlah konsumennya hanya sedikit maka hal tersebut tentunya menjadi pertimbangan tersendiri bagi kita. Misalnya topik A memiliki trends yang terus meningkat namun jumlah rata-ratanya dalam satu bulan hanya 1 juta pencarian. Topik B memiliki trends yang stabil dengan jumlah rata-rata pencarian dalam satu bulan terdapat 20 juta pencarian. Maka kita dapat menyimpulkan bahwa topik B lebih layak untuk dijual ke pasar.
2. Lokasi pasar
Lokasi pasar ini sangat menentukan bahasa apa yang akan kita gunakan dalam e-book kita. Sebagai contoh topik A memiliki trends yang terus meningkat dan jumlah pasarnya sangat besar namun lokasi pencarian terbanyak berasal dari Rusia maka dari data tersebut kita mengambil kesimpulan bahwa kita tidak mungkin menjual sebuah informasi dalam bahasa Indonesia atau Melayu. Mau tidak mau kita harus membuat sebuah produk informasi dalam bahasa Rusia atau minimal bahasa Inggris.
3. Jumlah pesaing.
Jumlah pesaing juga perlu kita perhatikan. Percaya atau tidak ada begitu banyak orang yang memiliki ide yang sama pada saat yang sama. Sebagian besar masih menunggu ide tersebut menjadi kenyataan sementara yang lain sudah melakukan tidakan untuk mewujudkannya dan sebagian lain sudah berhasil mewujudkan ide tersebut dalam bentuk produk yang nyata. Kelompok orang yang terakhir inilah yang saat ini menjadi pesaing kita. Semakin banyak pesaing tentunya kita harus semakin banyak memiliki nilai lebih sehingga dapat mengalahkan para pesaing tersebut.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar