Dalam mengantisipasi hal itu Anda harus bisa menekankan betapa pentingnya SDM, sehingga karyawan Anda tidak “dibajak” oleh perusahaan lain yang membutuhkan SDM siap pakai dan berani membayar mereka lebih tinggi: Selain itu sebuah perusahaan harus memiliki pemimpin yang mau, mampu dan berani menjalankan obsesinya membawa perusahaannya menjadi “the best achiever”.
Karena itu perusahaan perlu mempunyai pemimpin yang bernyali “macan” untuk membela perusahaan dan mendapat dukungan penuh dari karyawan dalam mencapai pertumbuhan. Kesuksesan para pengusaha merupakan sukses pimpinannya juga. Tapi, jika pemimpin tidak bisa atau tidak mampu meningkatkan profit and growth perusahaannya—membuat kerugian atau bangkrut—berarti bahwa perusahaan telah salah pilih pemimpin. Sebab kesuksesan perusahaan ditentukan oleh kualitas pemimpinnya dalam membawa nasib perusahaan. Untuk menjadi the best achiever, sebagai pemimpin Anda harus kerja keras dan berjuang mencapai hal-hal yang belum Anda capai dengan cara mengukur kemampuan kerja Anda.
Untuk menciptakan pertumbuhan laba dan pertumbuhan bisnis perusahaan, Anda harus bisa :
- Menciptakan budaya the best achiever-melalui penciptaan produk yang berkualitas—tujuannya agar pelanggan mau membeli, sebab kalau Anda menawarkan produk yang murah dan cepat rusak tentu pelanggan tidak mau membelinya-strategi ini bermanfaat untuk menciptakan laba. Untuk menciptakan produk bagus dengan harga ekonomis, Anda bisa melakukannya dengan menekan biaya rendah melalui cost efficieny dan cost efiectiveness atau melalui cost control sehingga membuat pengeluaran keuangan Anda tidak glamour.
- Menentukan objective keberadaan bisnis berdasarkan profit, growth and diversification potential. Objective bisnis harus terfokus, praktis dan menggairahkan pasar. Apapun juga tujuan bisnis Anda adalah progressive profit and growth sebanyak-banyaknya, secepat-cepatnya dan selama-lamanya.
- Menentukan strategi pencapaian tujuan – dengan memperhitungkan bahwa bisnis adalah bagian dari strategi. Setelah itu tentukan program (action plan) yang menjabarkan pelaksanaan strategi selangkah demi selangkah. Strategi pencapaian tujuan yang paling memungkinkan untuk menciptakan inovasi produk, berkualitas, ekonomis dan memberi pelayan yang prima kepada pelanggan secara terus-menerus.
Pustaka
Membangun Usaha Menjadi Besar
Tidak ada komentar :
Posting Komentar