Menurut Goleman, Emotional Intelligence (El) adalah kemampuan seseorang mengatur kehidupan emosinya dengan inteligen, menjaga keselarasan emosi dan pengungkapannya melalui ketrampilan kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi diri, empati dan ketrampilan social (dikutip Sri Lanawati, 1999).
Siswa yang telah mengikuti program 'emotional literacy' (untuk meningkatkan kecerdasan emosonal pada anak) mengalami kemajuan/peningkatan dalam keberdayaan emosional sebagai berikut (Golman, 1995):
Kesadaran Diri Emosional
- Peningkatan dalam mengenal dan menyebut emosi-emosi diri
- Lebih mampu memahami alasan/sebab dari perasaan-perasaan
- Mengenal perbedaan antara perasaan dan tindakan.
Mengelola Emosi
- Toleransi terhadap frustasi dan pengelolaan kemarahan Lebih baik
- Lebih mampu mengungkapkan kemarahan, tanpa perkelahian
- Perilaku agresif dan destruktif kurang
- Lebih banyak perasaan positif tentang diri sendiri, sekolah dan keluarga
- Lebih baik dalam mengelola stres
- Kurang kecemasan dan perasaan kesepian.
Menggunakan Emosi dengan Produktif
- Lebih bertanggung jawab
- Lebih mampu memusatkan perhatian pada tugas
- Kurang impulsif, lebih banyak pengendalian diri
- Peningkatan skor tes prestasi.
Empati: Membaca Emosi
- Lebih mampu melihat perspektif orang lain
- Peningkatan empati dan kepekaan terhadap perasaan orang lain
- Lebih baik dalam mendengarkan orang lain.
Menangani Hubungan-hubungan
- Peningkatan kemampuan untuk menganalisa dan memahami hubungan
- Lebih baik dalam memecahkan konflik dan mempertimbangkan saling penyesuaian dalam ketidaksepakatan
- Lebih asertif dan terampil dalam komunikasi
- Lebih populer, terbuka, dan ramah terhadap teman sebaya
- Lebih memperhatikan dan mempertimbangkan
- Lebih pro-sosial dan harmonis dalam kelompok
- Lebih dapat berbagi, kooperatif dan membantu
- Lebih demokratis dalam berurusan dengan orang lain.
Kecuali itu program “emotional literacy” juga meningkatkan skor siswa pada prestasi akademis dan kinerja sekolah.
Pustaka
Anak unggul berotak prima Oleh Tony Setiabudhi
4/30/2013
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
Tidak ada komentar :
Posting Komentar