2/18/2014

Sindrom Ovarium Polikistik

Sindrom ovarium polikistik (SOPK), yang kadang dikenal sebagai sindrom Stein-Leventhal, adalah suatu sindrom kompleks yang ditandai oleh gangguan menstruasi (mis., oligomenore), infertilitas, hirsutisme, akne, dan kadang obesitas.

Wanita yang mengalami SOPK mengalami kelainan hormon-kadar LH yang relatif tinggi dan FSH yang rendah; kadar estrogen setara dengan yang dijumpai pada bagian awal siklus menstruasi dan karenanya yang bersangkutan tidak mengalami ovulasi (anovulasi). Juga terjadi kelainan yang berkaitan dengan produksi hormon androgen (testosteron), dan terjadi penurunan sensitivitas terhadap insulin sehingga kadar insulin dalam darah meningkat (hiperinsulinemia).

Terapi biasanya bertujuan menghilangkan gejala dan mencegah efek samping jangka panjang, misalnya diabetes melitus Tipe 2. Klomifen dapat digunakan untuk menginduksi ovulasi pada wanita yang sedang diperiksa untuk mendeteksi infertilitas. Jika masalahnya adalah amenore, pil kontrasepsi oral dapat diberikan.

Telah dikembangkan terapi bedah laparoskopik untuk memicu ovulasi dengan menggunakan laser atau diatermi untuk membuat lubang di ovarium (dikenal sebagai pengeboran ovarium).

Tidak ada komentar :

Posting Komentar